Penjualan Aliexpress: Strategi Sukses dan Tips Terbaru

AliExpress merupakan salah satu platform e-commerce yang semakin populer dalam perdagangan internasional. Bagian dari Alibaba Group, AliExpress menyediakan peluang bisnis yang menarik bagi para penjual dari berbagai negara, termasuk Indonesia, untuk menjangkau pasar global. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara berjualan di AliExpress, manajemen produk, transaksi, hingga pemanfaatan aplikasi dan media sosial.

Sebagai pedagang, berjualan di AliExpress memberikan banyak keuntungan. Selain menjangkau konsumen di seluruh dunia, platform ini juga dilengkapi dengan fitur yang memudahkan pengelolaan toko dan transaksi. Namun, tentu saja, Anda harus melalui proses registrasi dan pembuatan akun terlebih dahulu untuk memulai berjualan di platform ini. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti panduan penjualan yang diberikan oleh AliExpress untuk memastikan keberhasilan toko Anda.

Beberapa kendala mungkin akan dihadapi dalam proses berjualan di AliExpress, namun dengan resolusi masalah yang tepat dan bantuan yang tersedia di platform, Anda akan dapat mengatasinya. Berikut adalah beberapa poin penting yang akan dibahas dalam artikel ini.

Poin Penting

  • Memahami peluang bisnis yang ditawarkan oleh AliExpress bagi para penjual, termasuk cara registrasi dan pengelolaan produk
  • Mengoptimalkan transaksi dan pelayanan pelanggan untuk meningkatkan penjualan serta memanfaatkan aplikasi dan media sosial
  • Mengatasi kendala yang mungkin dihadapi dalam berjualan di AliExpress dengan solusi yang efektif dan bantuan yang tersedia
  • Dapatkan diskon di AliExpress menggunakan kode promo

Aliexpress dan Alibaba Grup

Sejarah dan Perkembangan

Aliexpress dan Alibaba merupakan dua platform e-commerce yang berada di bawah naungan Alibaba Group, sebuah perusahaan raksasa asal China yang didirikan oleh Jack Ma. Meskipun keduanya merupakan e-commerce, terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan di antara Aliexpress dan Alibaba.

Aliexpress berdiri pada tahun 2010 sebagai platform penjualan online yang menyediakan produk dari berbagai penjual dengan harga menarik dalam pasar retail atau Business-to-Consumer (B2C). Sementara itu, Alibaba telah ada sejak tahun 1999 dengan fokus pada pasar grosir atau Business-to-Business (B2B) yang memungkinkan pengusaha kecil untuk mendapatkan produk langsung dari pemasok grosir China dengan harga murah.

Perusahaan dan Pemilik

Alibaba Group, perusahaan induk kelas dunia yang memiliki keduanya, memiliki valuasi yang terbukti sangat besar. Berdasarkan data, nilai perusahaan tersebut mencapai 2% dari total Produk Domestik Bruto (PDB) China. Grup ini didirikan oleh Jack Ma, yang sebelumnya bekerja sebagai guru Bahasa Inggris, bersama dengan 17 orang pendiri lainnya.

Aliexpress dan Alibaba telah menjadi platform e-commerce yang sangat populer di kalangan masyarakat, tidak hanya di Asia, tetapi juga di Eropa dan Amerika. Keduanya menawarkan harga yang cukup menarik dan terjangkau, sehingga para importir dan pengusaha bisa memanfaatkannya untuk menjalankan bisnis mereka secara efisien dan efektif.

Registrasi dan Pembuatan Akun

Cara Mendaftar

Untuk memulai penjualan di Aliexpress, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan diri dan membuat akun. Berikut adalah cara mendaftar akun Aliexpress:

  1. Kunjungi situs resmi AliExpress di AliExpress.com
  2. Pilih menu “Account” dan klik “Join”
  3. Akan muncul halaman pendaftaran, isilah informasi yang diminta seperti alamat email dan password
  4. Setelah mengisi informasi, klik “Create Account”

Verifikasi Alamat Email

Setelah mendaftar, Anda perlu melakukan verifikasi alamat email. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya:

  1. Buka email dari AliExpress yang dikirim ke alamat email yang Anda gunakan saat pendaftaran
  2. Klik tautan verifikasi yang ada di dalam email tersebut
  3. Setelah mengklik tautan, Anda akan diarahkan kembali ke situs AliExpress dan alamat email Anda akan diverifikasi

Konfirmasi Nomor Telepon

Mengonfirmasi nomor telepon juga penting dalam pembuatan akun Aliexpress. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  1. Pada halaman akun AliExpress Anda, pilih menu “Account Settings”
  2. Klik “Edit” pada bagian “Mobile Number”
  3. Masukkan nomor telepon Anda dan klik “Send SMS”
  4. Anda akan menerima kode verifikasi melalui SMS, masukkan kode tersebut ke kolom yang disediakan di situs AliExpress, kemudian klik “Confirm”

Dengan menyelesaikan langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil mendaftarkan akun Aliexpress dan siap memulai penjualan di platform ini. Selamat mencoba!

Panduan Penjualan di Aliexpress

Peluang dan Persyaratan

Berjualan di AliExpress menawarkan peluang usaha yang besar bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Namun, sebelum memulai menjual produk di platform ini, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Salah satunya adalah memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) karena AliExpress mengharuskan penjual mengisi informasi pajak. Selain itu, pastikan untuk memiliki produk yang berkualitas dan menargetkan pasar yang tepat untuk sukses berjualan di AliExpress.

Metode dan Strategi Pemasaran

Berikut beberapa metode dan strategi pemasaran yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan di AliExpress:

  1. Desain Halaman Toko yang Menarik: Halaman toko yang menarik akan memudahkan pelanggan untuk menemukan produk yang mereka inginkan dan meningkatkan minat mereka untuk membeli.
  2. Promo dan Diskon: Memberikan promo atau diskon bisa menjadi cara efektif untuk menarik pelanggan. Pastikan promo yang diberikan sesuai dengan kemampuan dan keuntungan usaha.
  3. Berikan Gratis Ongkos Kirim: Menawarkan gratis ongkos kirim bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk pelanggan. Pelanggan lebih memilih membeli produk dengan ongkos kirim gratis daripada produk yang memiliki ongkos kirim terlalu tinggi.

Beberapa Strategi Pemasaran yang bisa digunakan:

  • Memiliki sasaran pasar yang tepat
  • Menampilkan produk secara menarik
  • Berikan ulasan yang menjamin produk tersebut membantu calon pembeli membuat keputusan
  • Menjalin kerja sama dengan supplier yang memiliki reputasi baik

Berjualan di Aliexpress VS Shopee

AliExpress dan Shopee adalah dua platform populer untuk berjualan online di Indonesia. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing:

  • AliExpress merupakan platform global, sehingga peluang mencapai pasar internasional lebih besar daripada Shopee yang berfokus di pasar lokal.
  • Shopee menjadi platform populer di Indonesia, sehingga lebih mudah dikenal oleh masyarakat lokal.
  • AliExpress memberikan kebebasan lebih dalam mengatur dan mendesain toko serta menampilkan produk, sedangkan Shopee memiliki tampilan yang lebih standar.
  • Kebijakan pajak di AliExpress lebih ketat karena mengharuskan penjual mengisi formulir pajak dan NPWP, sedangkan Shopee lebih fleksibel.

Dalam memilih platform, pertimbangkan kebutuhan dan sasaran pasar yang ingin dicapai serta target penjualan yang diharapkan. Usahakan untuk memanfaatkan kedua platform ini dengan baik untuk mengembangkan usaha.

Mengelola Produk

Menambah Produk Baru

Untuk menambah produk baru di AliExpress, pertama-tama lakukan riset pasar yang komprehensif. Fokus pada beberapa produk dan mengincar segmen atau ceruk pasar tertentu saja. Pastikan produk yang ditambahkan memiliki kualitas baik dan unik, agar dapat bersaing dengan produk lain yang ada di AliExpress.

Pengaturan Kategori

Dalam mengelola produk di AliExpress, penting untuk mengatur kategori produk dengan baik. Hal ini membantu pengunjung toko untuk lebih mudah menemukan produk yang mereka inginkan. Berikut adalah cara mengatur kategori produk:

  1. Tentukan kategori utama dan sub-kategori yang relevan dengan produk yang dijual.
  2. Sesuaikan kategori dengan kebutuhan target pasar dan produk yang ditawarkan.
  3. Usahakan untuk tidak menggunakan kategori yang terlalu luas atau umum, agar produk lebih mudah ditemukan oleh pelanggan.

Packing dan Pengiriman Produk

Packing dan pengiriman produk sangat berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Kemasan Produk: Pastikan kemasan produk rapi dan aman, agar produk tidak rusak saat pengiriman. Gunakan bahan kemasan yang berkualitas dan sesuai dengan standar pengiriman internasional.
  • Opsi Pengiriman: AliExpress memiliki beberapa metode pengiriman, seperti Standar AliExpress dan metode lain yang lebih cepat. Pastikan metode pengiriman yang dipilih sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan estimasi waktu pengiriman.
  • Pengiriman Gratis: Menawarkan pengiriman gratis dapat meningkatkan daya tarik produk bagi pelanggan. Namun, pastikan bahwa biaya pengiriman sudah dipertimbangkan sebelum menentukan harga jual produk. Jangan lupa memperhatikan keuntungan yang akan diperoleh meskipun menawarkan pengiriman gratis.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, penjualan di AliExpress akan lebih tertata dan memudahkan pelanggan untuk menemukan produk yang mereka inginkan. Selain itu, kualitas produk, pengaturan kategori, dan pengiriman yang baik akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan berpotensi meningkatkan penjualan.

Mengelola Transaksi

Proses Pembelian

Mengelola transaksi di AliExpress melibatkan langkah-langkah penting yang harus diikuti oleh pembeli. Pertama, pembeli perlu mencari dan memilih produk yang ingin dibeli. Setelah menemukan produk yang sesuai, pembeli akan menambahkan produk tersebut ke keranjang belanja dan melanjutkan ke proses checkout.

Kemudian, pembeli harus memasukkan informasi pengiriman yang akurat dan lengkap untuk memastikan produk sampai ke alamat yang benar. Setelah informasi pengiriman selesai, pembeli akan memilih metode pembayaran yang diinginkan dan menyelesaikan pembayaran untuk mengonfirmasi pesanan.

Metode Pembayaran

AliExpress menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi. Beberapa metode pembayaran yang populer di AliExpress meliputi:

  • Kartu kredit atau debit (Visa, Mastercard, Maestro)
  • Transfer bank
  • Western Union
  • WebMoney
  • QIWI
  • AliExpress Pocket (dompet digital)

Pembeli dapat memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan mereka.

Pengaturan Mata Uang

Pada AliExpress, pembeli dapat mengatur mata uang yang akan digunakan untuk bertransaksi. Hal ini penting karena memudahkan pembeli untuk memahami harga produk dalam mata uang yang sudah familiar. Untuk mengubah mata uang, pembeli dapat mengunjungi bagian “Pengaturan Mata Uang” pada situs web AliExpress atau aplikasinya dan memilih mata uang yang diinginkan dari daftar yang tersedia.

Menterjemahkan Bahasa

AliExpress menyediakan opsi untuk menerjemahkan bahasa situs web atau aplikasinya agar lebih mudah dipahami oleh pembeli dari berbagai negara. Anda bisa mengakses pengaturan bahasa di bagian atas situs web atau melalui menu aplikasi dan memilih bahasa yang diinginkan. Dengan demikian, setiap transaksi yang Anda lakukan akan disajikan dalam bahasa yang Anda pahami dengan baik.

Manfaat Berjualan di Aliexpress

Pasar Global

Berjualan di Aliexpress memberikan kesempatan bagi para penjual untuk menjual produk mereka ke pasar global. Sebagai marketplace internasional, Aliexpress menghubungkan penjual dengan pembeli dari seluruh dunia. Ini memberi penjual peluang untuk mengembangkan bisnis mereka dan meraih keuntungan lebih besar. Dengan pasar global yang luas, penjual dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Gratis Ongkir

Salah satu keuntungan berjualan di Aliexpress adalah penjual dapat menyediakan gratis ongkir untuk produk mereka. Beberapa penjual bahkan menawarkan gratis ongkir ke seluruh dunia untuk menarik lebih banyak pembeli. Gratis ongkir adalah salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan bagi penjual.

Layanan Pelindung Pembeli

Aliexpress memiliki layanan pelindung pembeli yang melindungi hak dan kepentingan pembeli. Layanan ini menjamin keamanan transaksi dan memberikan kepercayaan kepada pembeli untuk berbelanja di Aliexpress. Sebagai penjual, layanan ini juga membantu meningkatkan reputasi toko dan menarik lebih banyak pembeli. Dengan adanya layanan pelindung pembeli, penjual dapat memastikan bahwa mereka akan menerima pembayaran untuk produk yang terjual dan pembeli akan menerima produk yang sesuai dengan deskripsi.

Dalam rangkuman, berjualan di Aliexpress membawa banyak manfaat bagi penjual, seperti akses ke pasar global, gratis ongkir, dan layanan pelindung pembeli.

Resolusi Masalah dan Bantuan

Pusat Bantuan

Pusat Bantuan AliExpress merupakan tempat bagi pembeli untuk mencari informasi dan bantuan mengenai berbagai masalah yang mungkin dihadapi saat berbelanja di platform ini. Pusat Bantuan menyediakan berbagai artikel informatif dan tutorial mengenai cara berbelanja, informasi tentang pengiriman, kebijakan pembayaran, dan sebagainya. Selain itu, pembeli juga dapat menghubungi tim dukungan pelanggan AliExpress melalui fitur live chat atau email untuk mendapatkan bantuan yang lebih spesifik.

Penanganan Sengketa

AliExpress menyediakan sistem penanganan sengketa yang efektif untuk menangani masalah yang mungkin terjadi antara pembeli dan penjual. Jika terjadi masalah dengan pesanan, seperti barang rusak, tidak sesuai deskripsi, atau tidak sampai, pembeli dapat membuka sengketa dengan penjual. Proses ini melibatkan komunikasi antara pembeli dan penjual, dengan tujuan mencapai solusi yang memuaskan kedua belah pihak. Jika perlu, pembeli juga bisa mengajukan banding ke AliExpress untuk mengambil keputusan yang lebih adil.

Pelaporan Pelanggaran IPR

AliExpress memiliki komitmen kuat untuk melindungi hak kekayaan intelektual (IPR) para pemiliknya. Jika Anda menemukan produk atau materi yang melanggar hak cipta atau merek dagang di platform ini, Anda dapat melaporkannya kepada AliExpress. Untuk melaporkan pelanggaran IPR, Anda perlu menyediakan bukti kepemilikan hak cipta atau merek dagang yang relevan, serta informasi tentang penjual dan produk yang diduga melanggar. Setelah laporan diterima, AliExpress akan menyelidiki dan mengambil tindakan yang sesuai, seperti menghapus daftar produk atau menghukum penjual yang bersangkutan.

Pemanfaatan Aplikasi dan Media Sosial

Fitur Aplikasi Aliexpress

Aliexpress merupakan sebuah platform ecommerce yang menyediakan berbagai produk dari penjual di seluruh dunia. Aplikasi Aliexpress adalah salah satu cara yang efektif untuk mengakses platform ini. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang mendukung pengguna dalam berbelanja, seperti pencarian produk yang mudah, notifikasi tentang penawaran dan diskon, serta layanan pelanggan yang responsif. Selain itu, aplikasi ini menyediakan berbagai metode pembayaran yang aman dan nyaman untuk pengguna.

Dalam konteks UMKM, penjual dapat memanfaatkan fitur aplikasi Aliexpress untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dan meningkatkan penjualan produk mereka. Penjual dapat mengelola produk, memantau pesanan, serta berinteraksi dengan pelanggan melalui aplikasi ini.

Pemasaran Melalui Media Sosial

Memanfaatkan media sosial untuk pemasaran produk UMKM juga menjadi strategi yang penting, terutama di masa pandemi Covid-19. Beberapa media sosial yang dapat digunakan untuk pemasaran produk antara lain Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Dalam pemasaran melalui media sosial, penjual dapat memanfaatkan fitur-fitur seperti segmentasi, targeting, dan positioning untuk mengidentifikasi pasar sasaran dengan lebih baik dan meningkatkan efektivitas pemasaran.

Selain itu, penggunaan media sosial memungkinkan penjual untuk berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli, menjawab pertanyaan, dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Fitur seperti iklan berbayar, promosi konten, dan influencer marketing juga dapat digunakan untuk meningkatkan jangkauan produk dan penjualan. Selain berbagai keuntungan tersebut, biaya pemasaran melalui media sosial relatif lebih rendah dan bahkan gratis, sehingga sangat cocok untuk UMKM yang memiliki anggaran terbatas.

Media sosial dan aplikasi seperti Aliexpress menjadi alat yang berguna dalam pengembangan dan peningkatan penjualan produk UMKM. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada dan strategi pemasaran yang tepat, penjual diharapkan dapat mencapai hasil yang lebih baik dan mendukung pertumbuhan bisnis mereka.

Studi Kasus dan Pengalaman

Salah satu kisah sukses yang dapat menjadi contoh adalah Alex, seorang dropshipper Aliexpress yang memulai bisnisnya tanpa pengalaman berdagang online sebelumnya. Dari nol, Alex kini menjadi salah satu pengusaha yang berhasil berkat ketertarikannya yang kuat pada teknologi dan e-commerce. Meski tidak memiliki pengalaman, semangat ini tidak menghentikan Alex untuk mencoba peruntungannya dalam memulai bisnis dropshipping Aliexpress.

Aliexpress sendiri merupakan sebuah platform e-commerce yang berbasis di Tiongkok milik Alibaba Group. Platform ini diluncurkan pada 2010 dan terdiri dari berbagai usaha kecil di Tiongkok dan wilayah lain, seperti Singapura, yang menawarkan produk-produk kepada para pembeli daring. Berbeda dengan Amazon, Aliexpress tidak mengontrol pembeli dan penjual secara langsung, melainkan hanya menyediakan platform atau ekosistem penjualan sehingga kontrol berada di tangan pembeli dan penjual.

Pengalaman belanja online di Aliexpress juga bisa dijadikan referensi bagi pengguna. Salah satu keunikan dari platform ini adalah estimasi waktu pengiriman barang yang cukup lama, namun tidak jarang barang datang lebih cepat dari perkiraan. Terkadang, konsumen bisa mendapatkan barang setelah uang mereka dikembalikan oleh Aliexpress karena melewati batas garansi estimasi.

Dalam menjalani bisnis online, para penjual di Aliexpress harus menjaga kepercayaan konsumen dengan menampilkan foto dan deskripsi produk yang akurat, menjaga komunikasi yang baik dengan pembeli, serta menjaga kualitas produk yang dijual. Kesuksesan bisnis di Aliexpress bergantung pada kualitas produk, harganya, dan seberapa baik penjual dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Baik penjual maupun pembeli di Aliexpress perlu belajar dan beradaptasi dengan sistem platform yang ada. Tingkat persaingan yang tinggi dan beragamnya produk yang ditawarkan memerlukan kesabaran dan ketekunan untuk mencapai kesuksesan dalam dunia e-commerce, baik dari sisi retail maupun grosir.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana cara menjadi penjual di AliExpress?

Untuk menjadi penjual di AliExpress, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat akun AliExpress Anda
  2. Isi kelengkapan data toko
  3. Menunggu ulasan toko Anda dari AliExpress
  4. Isi profil toko dan mulai pasang produk

Apa tips sukses berbisnis dropshipping di AliExpress?

Berikut beberapa tips untuk sukses berbisnis dropshipping di AliExpress:

  1. Desain halaman toko yang menarik
  2. Pastikan produk yang Anda jual berkualitas
  3. Miliki sasaran pasar yang tepat
  4. Tawarkan gratis ongkir untuk menarik lebih banyak pembeli

Bagaimana cara mengatur akun bisnis di AliExpress?

Mengatur akun bisnis di AliExpress melibatkan langkah-langkah berikut:

  1. Daftar sebagai penjual dan isi informasi pribadi serta toko Anda
  2. Lengkapi verifikasi identitas dan informasi pembayaran untuk transaksi bisnis
  3. Sesuaikan pengaturan toko, seperti metode pengiriman dan kebijakan pengembalian
  4. Mulai menambahkan produk ke toko Anda

Apakah ada biaya untuk membuat akun bisnis di AliExpress?

Tidak ada biaya khusus untuk membuat akun bisnis di AliExpress. Namun, Anda harus membayar komisi kepada platform setiap kali produk Anda terjual. Besarnya komisi bervariasi tergantung pada kategori produk yang Anda jual.

Bagaimana cara import produk dari AliExpress ke toko online saya?

Untuk mengimpor produk dari AliExpress ke toko online Anda, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Telusuri produk yang ingin diimpor dari AliExpress
  2. Salin tautan produk tersebut
  3. Gunakan aplikasi atau plugin yang kompatibel dengan platform toko online Anda (misalnya, Shopify, WooCommerce, dll.) untuk mengimpor produk
  4. Sesuaikan deskripsi produk, harga, dan informasi lainnya sesuai kebutuhan

Apa saja metode pengiriman yang umum digunakan oleh penjual AliExpress?

Penjual AliExpress biasanya menggunakan berbagai metode pengiriman internasional, seperti:

  1. AliExpress Standard Shipping
  2. China Post Registered Air Mail
  3. ePacket
  4. DHL, FedEx, atau UPS untuk pengiriman yang lebih cepat dan mahal

Pilih metode pengiriman yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, seperti kecepatan, biaya, dan keandalan.


Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home4/fasutoio/_sites/kuponind.com/wp-content/themes/basepress/inc/base-template-functions.php on line 1004

Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home4/fasutoio/_sites/kuponind.com/wp-content/themes/basepress/inc/base-template-functions.php on line 1005

Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home4/fasutoio/_sites/kuponind.com/wp-content/themes/basepress/inc/base-template-functions.php on line 1006